TARAKAN – Dalam upaya meningkatkan peran serta masyarakat pada sektor pariwisata, Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Takaran menggelar Pelatihan Kepariwisataan bagi Pengendara Taksi Bandara Internasional Juwata Tarakan di Royal Hotel Tarakan pada Sabtu (16/7/2022) malam. Pelatihan yang diikuti oleh 45 pengendara taksi bandara ini tadi malam dibuka langsung oleh Wali Kota Tarakan, dr. H. Khairul, M.Kes.
Dalam sambutannya, Wali Kota mengatakan Para Pengendara Taksi Bandara Internasional Juwata Tarakan disebut memiliki peran penting dalam memperkenalkan wajah Kota Tarakan kepada masyarakat yang baru tiba di Bandara Internasional Juwata Tarakan. Selain keberadaan Pusat Informasi Wisata yang ada di terminal bandara, pengendara taksi bandara juga dianggap menjadi orang pertama kali yang banyak menerima pertanyaan dari tamu maupun wisatawan.
Tak hanya itu, Kepala Disbudporapar Kota Tarakan, Agustina, S.E., M.H. menyampaikan dalam laporannya, kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan kemampuan Para Pengendara Taksi Bandara Internasional Juwata Tarakan dalam memberikan pelayanan kepada tamu atau wisatawan selama menggunakan jasa angkutan khusus Taksi Bandara.
Selain Pemerintah Kota Tarakan, pelatihan ini juga mendapatkan dukungan khusus dari Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Kalimantan Utara dan Bankaltimtara Cabang Tarakan. Dimana, Bank Indonesia dan Bankaltimtara turut memberikan paket seragam khusus berupa Batik Motif Tarakan dan Singal Kaltara kepada seluruh Pengendara Taksi Bandara Internasional Juwata Tarakan yang hadir.
Selain untuk menunjang nilai eksotisme dan kerapian pengendara taksi, Batik dan Singal yang diberikan juga diharapkan juga bisa menjadi salah satu media promosi dari produk UMKM unggulan Kota Tarakan kepada tamu dan wisatawan.